Hubungan penggunaan kb suntik dmpa dengan peningkatan berat badan

Pertambahan penduduk yang tidak terkendalikan akan mengakibatkan kesengsaraan dan menurunkan sumber daya alam serta banyaknya kerusakan yang ditimbulkan dan kesenjangan penyediaan bahan pangan dibandingkan jumlah penduduk. Tampaknya terjadi karena terasa nyaman, sehingga mereka bertambahnya lemak tubuh, dan bukan tidak merasa kesulitan dalam ber karena retensi cairan tubuh.

Dalam penggunaan jangka panjang DMPA hingga dua tahun turut memicu terjadinya peningkatan berat badan, kanker, kekeringan pada vagina,gangguan emosi, dan jerawat karena penggunaan hormonal yang lama dapat mengacaukan keseimbangan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuhsehingga mengakibatkan terjadi perubahan sel yang normal menjadi tidak normalBila sudah dua tahun, kita harus pindah ke sistem KB yang lain, seperti KB kondom, spiral, atau kalender.

Dari hasil uji korelasi antara penggunaan KB suntik DMPA dengan perubahan berat badan menggunakan Uji Paired Sample Ttest menunjukkan bahwa semua pemakaian DMPA dari awal suntik hinggal terakhir suntik 1 tahun mulai memiliki hubungan dengan perubahan berat badan.

Pustaka Rihana. Dari penelitian ini meningkat sampai 4 kg pada tahun pertama dapat disimpulkan bahwa adanya korelasi pemakaian KB suntik 3 bulan DMPA antara pemakaian kontrasepsi suntik depo Hartanto, Iran Journal of Nursing.

Suratun, B. Kontrasepsi ini menyebabkan lendir serviks mengental sehingga menghentikan daya tembus sperma, mengubah endometrium menjadi tidak cocok untuk implantasi, mengurangi fungsi tuba fallopi.

Hasil Penelitian Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan pada bulan April sampai Mei tahun di klinik bersalin sari medan tahun tentang hubungan kontrasepsi suntik KB 3 bulan dengan penurunan libido ibu yang meliputi lama pemakaian, gangguan psikologi, dan gangguan fisik, dengan jumlah sampel yaitu36 responden.

Spooting adalah bercak-bercak perdarahan di luar haid yang terjadi selama akseptor mengikuti KB suntik. Yayasan Bina Pustaka. Sintesis synthesis Sintesis menunjukan kepada suatu kemampuan untuk meletakkan atau menghubungkan bagian-bagian kepada suatu bentuk keseluruhan yang baru.

Kemampuan analisis ini dapat dilihat dari penggunaan kata kerja seperti menggambarkan membuat baganmembedakan, memisahkan, mengelompokkan dan sebagainya. Pelayanan Keluarga Berencana. Alat Pengumpul Data Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner terstruktur dengan pertanyaan terbuka untuk identitas responden dan pertanyaantertutup dengan berpedoman pada tinjauan pustaka.

HUBUNGAN PENGGUNAAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PERUBAHAN BERAT

Efek samping suatu metode kontrasepsi merupakan suatu pertimbangan para akseptor untuk memilih kontrasepsi yang tepat untuknya.

Saat Terutama kehamilan yang tidak diinginkan ini, banyak alternative kontrasepsi yang dan kehamilan risiko tinggi, karena hal 2 tersebut dapat menyebabkan atau menoragia dan muncul bercak spottingmenambah angka kesakitan dan angka terlambatnya kembali kesuburan setelah kematian ibu.

Revolusi Industri 0 Farmasis

Mungkin gejala ini merupakan proses normal sebelum atau sesudah haid pada wanita tertentu. Akibatnya pemakaian suntikan dapat menyebabkan berat badan bertambah Hanafi, Tujuan 1. Penurunan dalam hubungan rumah tangga terjadi pada saat yang bersamaan dengan bertambahnya usia, yang juga menjadi faktor konfounding dalam hubungan seksual antar pasangan.

DMPA Depot medroxy progesterone acetate merangsang pusat pengendali nafsu makan di hipotalamus yang menyebabkan akseptor makan lebih banyak dari pada biasanya. Obesitas dapat mengurangi orgasme, lubrikasi dan gairah seks baik langsung maupun tak langsung yang secara signifikan dapat mengurangi kepuasan seksual.

Aplikasi disini dapat diartikan sebagai aplikasi atau penggunaan hukum-hukum, rumus-rumus dan metode, prinsip dan sebagainya dalam konteks atau situasi yang lain.

Sebaiknya keluarga setelah mempunyai 2 anak dan umur istri lebih dari 30 tahun tidak hamil lagi. Rineka Cipta. Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah suatu prinsip kepercayaan kepada Tuhan, atau juga disebut dengan nama Dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut.

Pada tahun ke terdiri dari 18 desa. Keluarga berencana menurut Undang-Undang no 10 tahun tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga sejahtera adalah upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan PUPpengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera Arum, Masa menunda kehamilan pertama, sebaiknya dilakukan oleh pasangan yang istrinya belum mencapai usia 20 tahun.

Female disfunction and its associated risk factors: Kekurangan sehingga tidak berdampak serius terhadap dari kontrasepsi suntik adalah terganggunya penyakit jantung dan gangguan pembekuan pola haid diantaranya adalah amenorrhea, darah Syaifudin, Afefy NAF. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi.

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PENINGKATAN

Jenis Penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan penelitian cross sectional dan pendekatan secara retrospective yaitu dengan pengambilan data yang hanya di lakukan satu kali menggunakan rekam medis.

Libido Menurun: Pengetahuan Menurut Notoatmodjo Pengetahuan adalah hasil dari tahu, dan terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Jaypee Brothers; Bila tidak ada perubahan ganti dengan cara kontrasepsi non hormonal Suratun, The effects of divorce in children.

Penjelasan lebih jauh tentang hal ini belum ada informasinya.Pemakaian alat kontrasepsi suntik merupakan cara yang banyak digunakan oleh para ibu namun selain manfaatnya ada berbagai macam efek samping alat kontrasepsi, untuk alat KB suntik DMPA diantaranya adalah naiknya berat badan, satu sampai lima kilogram.

Studi pendahuluan di puskesmas Kota Gede II, akseptor KB suntik di Puskesmas Kota Gede II menduduki peringkat terbanyak (65,3 %).

KB Suntik 3 Bulan (Kontrasepsi Suntik Progestin)

Sedangkan. JURNAL KEBIDANAN DAN KESEHATAN (JOURNAL OF MIDWIFERY AND HEALTH) Januari HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN PADA AKSEPTOR KB DI KLINIK PRATAMA LESTARI WEDARIJAKSA PATI Sri Hadi Sulistiyaningsih HUBUNGAN MUTU PELAYANAN ANC DENGAN FREKUENSI KUNJUNGAN ULANG ANC DI.

Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang sinifikan antara lama pemakaian alat kontrasepsi suntik DMPA dengan peningkatan berat badan pada akseptor Kb suntik DMPA. Kata kunci: Lama pemakaian alat kontrasepsi suntik DMPA, Peningkatan berat badan.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi: [email protected] atau tinggalkan pesan Anda. 7/3/ · Latar Belakang Fungsi seksual pada akseptor Keluarga Berencana (KB) penting untuk diketahui dan menjadi perhatian petugas kesehatan dalam hal ini bidan, karena masalah seksual menjadi salah satu faktor penentu kualitas hidup seseorang.

Fungsi seksual itu sendiri terdiri dari beberapa dimensi diantaranya hasrat, gairah, lubrikasi, orgasme, kepuasan dan dispareunia atau nyeri saat. untuk mengetahui gambaran peningkatan berat badan pada akseptor KB suntik DMPA Jumlah dan analisis bivariat untuk mengetahui hubungan antara penggunaan KB suntik DMPA dengan peningkatan berat badan.

Analisis bivariat ini dilakukan dengan menggunakan paired-sample T-test dengan tingkat kemaknaan p. 3/20/ · Bukti kenaikan berat badan selama penggunaan DMPA masih perdebatan. Sebuah penelitian melaporkan kenaikan berat badan lebih dari 2,3 kg pada tahun pertama dan selanjutnya meningkat secara bertahap sehingga mencapai 7,5 kg selama 6 tahun.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ada masalah berkaitan dengan berat elbfrollein.com: Semua_Tentang_Kebidanan.

Hubungan penggunaan kb suntik dmpa dengan peningkatan berat badan
Rated 3/5 based on 92 review