Dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal

Tingkat pengetahuan bisa saja dipengaruhi oleh informasi yang diterima oleh responden tentang diet yang harus mereka patuhi dalam menjalani terapi hemodialisa. Smeltzer, S.

Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan Kamaludin dan Rahayu yang menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan kepatuhan asupan cairan pada pasien gagal ginjal kronik.

Penumpukkan cairan bisa terjadi di rongga perut disebut ascites. Ahmad Dahlan No. Rineka Cipta Nursalam. Intervensi diharapkan mampu memotivasi pasien untuk patuh pada program pengobatan sehingga tidak terjadi komplikasi. Hal ini didukung oleh penelitian Sapri bahwa semakin lama pasien menjalani hemodialisa semakin 2.

Diperoleh tanggal 25 Desember dari http: Promosi kesehatan ilmu perilaku. Diharapkan dengan adanya motivasi membuat keadaan dalam diri individu muncul, terarah, dan mempertahankan perilaku pembatasan asupan diet. Rineka Cipta. Keluarga dapat menjadi faktor yang sangat berpengaruh dan menentukan keyakinan dan nilai kesehatan individu dan dapat juga menentukan tentang program pengobatan yang diterima.

Tidak Satupun: Buku ajar patologiVol. Metodologi penelitian kesehatan. Populasi adalah keseluruhan dari objek penelitian atau objek yang akan diteliti Notostmodjo, Pada pasien-pasien yang mendapatkan terapi hemodialisis, ginjal mereka tidak dapat berfungsi dengan baik.

Keluarga juga dapat memberikan dukungan dan membuat keputusan mengenai perawatan diri anggota keluarga yang sakit. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronik di Irina C2 dan C4 RSUP.

Hal ini sesuai dengan pendapat Notoatmodjo terbentuknya perilaku baru yaitu sikap dimulai dari domain kognitif dalam arti subjek atau individu mengetahui terlebih dahulu terhadap stimulus berupa materi atau objek diluarnya, sehingga menimbulkan pengatahuan baru pada individu terbentuk respon batin yang tampak dalam bentuk sikap individu terhadap objek yang diketahuinya tersebut.

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN KELUARGA

Hemodialisis adalah suatu proses dimana solute dan air mengalami difusi secara pasif melalui suatu membran berpori dari kompartemen cair menuju kopartemen lainnya.

Asuhan keperawatan medikal bedah dan penyakit dalam. Promosi kesehatan teori dan perilaku. This research had been done on October to Mei Rineka Cipta Notoatmodjo, Soekidjo.

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN DUKUNGAN KELUARGA

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan asupan cairan pada pasien gagal ginjal kronik dengan hemodialisis di RSUD Prof dr. Notoatmodjo, S. Hubungan pengetahuan tentang asupan dan cairan pengendalian cairan terhadap penambahan berat badan pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa.

Abdul moeloek bandar lampung.

Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Diet Pada Pasien GGK

Dari hasil anamnesa salah satu penyebab pasien dirawat inap karena tidak patuh dengan terapi diet yang dianjuran. Diperoleh tanggal 23 desember dari http: Data Primer, Berdasarkan tabel 4. EGC Sudoyo, A.

Pada dasarnya setiap penyakit dapat menyerang manusia baik laki-laki maupun perempuan, tetapi ada beberapa penyakit terdapat perbedaan frekuensi antara laki-laki dan perempuan. Family support is a very important factor for sick patients so as to reduce the burden and stress so that the view becomes widespread and not stress was getting strong support from family to family members of health care to achieve a healthy state Objectives:Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan asupan cairan di RS PKU Muhammadiyah elbfrollein.com penelitian ini sejalan dengan penelitian Satyaningrum () bahwa tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronis dengan terapi hemodialisis.

Berdasarkan Author: Harjanti Tanuwidjaja.

DUKUNGAN KELUARGA MENINGKATKAN KEPATUHAN DIET PASIEN DIABETES

Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Hemodialisa meningkatkan ketenangan batin dan perasaan senang dari pasien hemodialisa. Selain itu dengan adanya dukungan keluarga berdampak pada kemudahan pasien untuk mematuhi Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Dalam Menjalani Hemodialisis di RSUP elbfrollein.comji tirtonegoro klaten.

Husna & Asmaul. (). Perbedaan Tingkat. Download keperawatan dan penkes tentang tingkat pengetahuan, sikap dan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa.

Bagi penelitian selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan ac. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Diet Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Di Irina C2 Dan C4 Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou ManadoAuthor: Geledis Sumigar, Sefty S.

Rompas, Linnie Pondaag. hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis Diet on chronic renal failure patient is very important to avoid the appearance of uremia effect, liquid hoarding which can affect heart congestive failure and Author: Fitri Mailani, Rika Fitri Andriani.

Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan asupan cairan di RS PKU Muhammadiyah elbfrollein.com penelitian ini sejalan dengan penelitian Satyaningrum () bahwa tidak ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal kronis dengan terapi hemodialisis.

Berdasarkan Author: Harjanti Tanuwidjaja.

Dukungan keluarga dengan kepatuhan diet pada pasien gagal ginjal
Rated 0/5 based on 11 review